Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah per-m2

Sebelum membangun rumah terlebih dahulu kita bertanya berapakah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut, dengan mengetahui perkiraan harga rumah maka dapat disiapkan biaya sebelum memulai pembangunan serta sesuai kebutuhan, rencana anggaran biaya ini juga diperlukan untuk membuat kontrak kerja konstruksi jika rumah dikerjakan dengan sistem borongan.

Lalu bagaimanakah cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi ? Berikut ini uraian tentang bagaimana menghitung biaya membangun rumah yang kita rencanakan dengan menggunakan sistem meter persegi bangunan.

Cara menghitung biaya membangun rumah per meter persegi
Biaya membangun rumah dapat dihitung berdasarkan harga per m2 lantai bangunan, cara ini merupakan cara cepat menghitung biaya bangun rumah namun mempunyai tingkat ketelitian yang belum dapat dipastikan sesuai dengan harga pekerjaan sebenarnya.

Harga bangunan per m2 bervariasi sesuai lokasi pembangunan dan kualitas bangunan yang akan dibangun, untuk rumah tinggal berkisar antara Rp.1.000.000,00 sampai dengan Rp.3.500.000,00.

Misalnya kita akan membangun rumah sederhana 1 lantai dengan ukuran 6 m x 10 m pada tanah persegi panjang dengan ukuran 6 m x 15 m, rumah ini dibangun pada suatu daerah, dengan data ini maka kita dapat menghitung perkiraan biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Luas rumah = 6m x 10m = 60 m2. ( pada rumah bertingkat dihitung luas masing-masing lantai lalu dijumlahkan total luas meter perseginya )
Harga bangunan per m2 = Rp.2.000.000,00. ( harga ini hanya sebagai contoh, diambil rata-rata saja, biaya per m2 berbeda masing-masing daerah dan kapan waktu pembangunan berlangsung)
Rencana anggaran biaya rumah = Luas rumah x harga bangunan = 60 m2 x Rp.2.000.000,00 = Rp.120.000.000,00

Dari perhitungan biaya rumah diatas dapat kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan ukuran 6m x 10m ini membutuhkan biaya sekitar Rp.120.000.000,00. Untuk ukuran bangunan yang lain dapat disesuaikan dengan luasan bangunan dan harga per meter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan daerah dimana lokasi pembangunan dilakukan.

Selain cara menghitung biaya bangun rumah atau rencana anggaran biaya bangunan per meter persegi terdapat cara lain yang lebih teliti namun juga diperlukan kesabaran dan ketilitian sehingga didapatkan hasil perhitungan yang mendekati kebenaran misalnya dengan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan atau volume pekerjaan dikalikan harga satuan, dari masing-masing harga per item pekerjaan tersebut kemudian direkap kedalam total rencana anggaran biaya untuk satu rumah secara utuh, untuk cara menghitung biaya bangun rumah dengan menggunakan analisa harga satuan ini dapat dilihat pada artikel tentang rencana anggaran biaya bangunan. (rumahbangun.com)

BALITON CLC
Cara Praktis, Hemat, Cepat dan Kokoh untuk Ningkat Rumah

tokoku99.com

Dapatkan informasi sekitar Persoalan Rumah, klik link berikut ini:
Facebook Twitter WordPress | BlogSpot | Google Sites | Google Plus

About these ads

2 comments on “Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah per-m2

  1. Beberapa produk material pada saat ini yang banyak digunakan dan di kenal masyarakat, diantaranya adalah bata merah, batako dan bata ringan. Produk bata merah dan bata ringan umumnya digunakan untuk masyarakat menengah atas.

    Sedangkan produk batako banyak digunakan untuk bisa di jangkau segala lapisan masyarakat. Walaupun sekarang terdapat material dinding produksi import, namun ketiga produk material dinding diatas tersebut, paling banyak digunakan dalam pembangunan dan pekerjaan konstruksi di masyarakat.

    Sesuai dengan target akhir penelitian, Lusicon (Lumpur Sidoarjo Conbloc) diharapkan mampu menjadi alternatif material dinding yang berbeda pada segmen menengah keatas, bersama dengan batamerah dan bata ringan. Hal tersebut dikarenakan Lusicon direncanakan untuk memiliki karakteristik dan kinerja yang mampu bersaing pada segmen tersebut.

    Hasil penelitian dan pengembangan Lusicon yang di lakukan antara PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Dengan ITS Surabaya tersebut pada saat ini menunjukan hasil yang optimal dan sudah mencapai tahapan akhir penelitian.

    Perbandingan performa (kuat tekan dan berat volume) antara Lusicon dengan produk bata ringan yaang ada dipasaran telah dilaksanakan dan hasilnya cukup memuaskan. Dari grafik perbandingan antara Lusicon dengan produk bata ringan komersial yang dilakukan di Laboratorium Beton ITS menunjukkan bahwa performa Lusicon sendiri setara (mampu bersaing) dengan bata ringan yang berkualitas bagus.

    Saat ini banyak masyarakat yang masih memilih material dinding untuk rumah menggunakan bata merah. Kebanyakan dari masyarakat tersebut menganggap bahwa performa bata merah lebih baik dari bata ringan, yaitu lebih dingin dan awet.

    Dengan keadaan yang demikian maka Lusicon mampu melakukan penetrasi pasar material dinding sebagai alternatif utama pengganti produk bata merah, karena secara fisik Lusicon warna kecoklatan yang menyerupai bata merah. Hal tersebut terjadi karena sekitar 80% Lusicon adalah Lumpur Sidoarjo yang dibakar.

    Apabila mellihat dari sistem pemasangannya maka bata ringan dan Lusicon dapat lebih cepat dari pada bata merah. Dengan pemasangan yang lebih cepat maka akan sangat mempengaruhi efisiensi biaya. Untuk lebih detailnya, berikut kami sampaikan tabel perbandingan antara bata merah, bata ringan dan Lusicon.

    Dengan informasi yang kami sampaikan, maka diharapkan masyarakat mempunyai beberapa alternatif produk material dinding dan dapat memilih dengan bijak, sesuai kebutuhan dan aplikasinya.

    Sumber
    http://www.sementigaroda.com

  2. Cara menghitung biaya bangunan rumah yang sangat praktis biasa dengan mudah dihitung oleh orang awam!! Makasih sharing yang bagus!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s